Senin, 09 April 2012

Pengetahuan Internet Penting Bagi Pendidikan

SEIRING dengan perkembangan jaman serta dilihat dari letak geografis Kabuapten Kutai Kartanegara (Kukar) yang terdiri dari 18 Kecamatan, akses untuk menyampaikan informasi melalui media cetak tidak bisa begitu cepat diterima oleh sekolah hingga guru di kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten.  Media cetak perlu waktu untuk menjangkau kecamatan-kecamatan yang jauh dari ibu kota kabupaten. 

"Maka, cara cepat untuk meyampaikan informasi bagi sekolah atau guru dikecamatan yang jauh itu dengan media online melalui internet," ujar Kepala Kepegawaian Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar Haspian Nur Nafsi saat dihubungi,Selasa(10/1).

Hal itu seiring dengan telah terbukanya jaringan komunikasi dan pemanfaatan sarana prasarana internet, yang bisa diakses oleh Unit Pelaksana Tugas (UPT) Disdik,  hingga pendidik dan tenaga kependidik (PTK). 
Hingga menurutnya sangat memungkinkan dan diperlukan bahwa informasi dari Disdik Kabupaten seperti aturan-aturan, program kegiatan, dan hal-hal lain yang tentang pendidikan akan lebih mudah diterima UPT dan PTK melalui media internet.

Untuk itu Hafsian mengatakan pihaknya harus mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan hal tersebut. Karena pemanfaatan teknologi sesegera mungkin sudah menjadi suatu keharusan, apalagi guru, dengan Program ”GERBANG RAJA” telah mendapatkan laptop beserta fasilitas pendukung akses tersebut hingga mampu menjangkau 18 kecamatan.


"Apabila tidak mempersiapkan media dalam menyampaikan informasi dan sebagainya dalam proses pendidikan maka akan tertinggal. Contoh saja seperti pendataan Ujian Nasional, kenaikan pangkat semuanya berbasis online," katanya.

Selain itu, Hasfian mengatakan nantinya baik itu Nomor Unit Pendidik dan Tenaga Pendidik(NUPTK), Kepegawaian, hingga Pengelolaan Data semuanya tidak menggunakan pengelolaan manual lagi melainkan berbasis Informasi Teknologi (IT) melalui internet.

Oleh karena itu Disdik mengirim enam orang stafnya mengikuti pelatihan pengelolaan website dan jaringan internet,  di Yogya Executive School (YES) selama tujuh hari sejak 9 hingga 15 Januari.

Dijelaskannya pelatiahan itu bertujuan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Disdik untuk mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan IT. Staf Disdik yang sedang melakukan pelatihan di Jogyakarta itu, menurut Hafsian begitu selesai akan mentransferkan ilmu-ilmu itu kepada rekan-rekan mereka  baik itu yang berada di UPT bahkan di sekolah.

Sekedar untuk diketahui, saat ini Disdik KUkar sudah memiliki website. Selain fasilitas website sebagai media publikasi dan informasi, Disdik juga akan memaksimalkan fasilitas email yang telah dimiliki.

"Sehingga dengan memaksimalkan website dan email, UPT dan PTK tidak perlu lagi bolak balik jauh-jauh hanya untuk mengetahui peraturan-peraturan, cukup hanya dengan mengakses website dan berkomunikasi melalui email," harapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More